Pendahuluan
Pada dasarnya barang supplies dalam neraca termasuk bagian dari Aktiva Lancar. Barang supplies disebut juga dengan istilah perlengkapan, yaitu barang-barng yang melengkapi kebutuhan dalam kegiatan perusahaan yang sifatnya habis dipakai dalam kegiatan perusahaan.
Pengertian barang supplies.
Barang supplies adalah barang-barang yang digunakan untuk melengkapai kebutuhan dalam kegiatan perusahaan yang sifatnya habis dipakai dan nilainya relatif kecil.
Nama dan Jenis barang supplies
Nama barang supplies disesuaikan dengan kegiatan masing-masing perusahaan, misalnya :
1. Supplies/ perlengkapan
2. Supplies/ perlengkapan toko
3. Supplies/ perlengkapan salon
4. Supplies/ perlengkapan bengkel
Jenis barang supplies
Barang supplies ada 2 macam yaitu sebagai berikut :
1. Barang supplies yang habis dipakai, yaitu barang-barang yang hanya dapat digunakan dalam satu kali pakai dalam kegiatan perrusahaan. Hal ini berarti selalu habis tanpa meninggalkan bekas dalam pemakaiannya.
Misalnya:
Perlengkapan kantor : Kertas, karet penghapus, tinta,alat tullis, map,
amplop, karbon dll
Perlengkapan toko : Kertas pembungkus, plastik, buku nota, tali
rafia, dll
Perlengkapan salon : Kosmetik, shampoo, cream dll
Perlengkapan bengkel : Oli, bensin, paslin, amplas, dll
2. Barang supplies tidak habis pakai, yaitu barang-barang yang dapat digunakan berulang-ulang dan tahan lama dalam pemakaiannya.
Misalnnya:
cap tanggalan, bantalan cap, bak-bak
dll
Perlengkapan toko : Timbangan, meteran, gunting, kalkulator, dll
Perlengkapan salon : Sisir, sabun, handuk, rak kosmetik, dll
Perlengkapan bengkel : Kunci pas, obeng, perlengkapan bengkel
lainnya (spare part)
Spesifikasi Barang Supplies
Berdasarkan pengertian barang supplies/perlengkapan mempunyai spesifikasi antara lain:
1. Melengkapi kebutuhan dalam kegiatan perusahaan
2. Sifatnya habis dipakai/dipakai berulang-ulang dalam kegiatan perusahaan
3. mempermudah dan memperlancar proses pelaksanaan kegiatan perusahaan
4. Sebagai aset termasuk kelompok aktiva lancar
5. Nilainya relatif kecil.
Prosedur penerimaan barang supplies
Apabila suatu
Barang supplies/perlengkapan yang diperoleh dengan
Contoh:
Dibeli perlengkapan kantor secara tunai Rp 1.000.000,00. Transaksi tersebut akan dicatat dalam jurnal:
Perlengkapan Rp 1.000.000,00
Kas Rp 1.000.000,00
Bukti Penerimaan Barang Supplies
Barang supplies yang diterima, baik dari bagian gudang/logistik, maupun barang supplies yang diterima dari pembelian tunai/kredit. Dicatat berita acaranya oleh pejabat/pegawai yang berwenang.
PT TAKADA Jl. Ciputat Raya 102 Jakarta Selatan BUKTI PENERIMAAN BARANG No. Bukti : M 01/TKD/05 | |||||||||
No Urut | Tgl Terima | Nama & Alamat Pengirim | Tanda Bukti Pengiriman | Uraian Barang (nama, merk) | Banyak nya | Harga | Ket | ||
Tgl | No | Satuan | Jumlah | ||||||
1 | 2/9/05 | UD Abadi Depok | 31/8/05 | 01/AB/05 | Kertas HVS Streples 3M | 20 rim 5 bh | 30.000 10.000 | 600.000 50.000 | |
PT TAKADA Jl. Ciputat Raya 102 Jakarta Selatan BUKTI PENERIMAAN BARANG No. Bukti : M 02/TKD/05 | |||||||||
No Urut | Tgl Terima | Nama & Alamat Pengirim | Tanda Bukti Pengiriman | Uraian Barang (nama, merk) | Banyak nya | Harga | Ket | ||
Tgl | No | Satuan | Jumlah | ||||||
1 | 10/9/05 | UD Laris Ciputat | 8/9/05 | 08/LR/05 | Kertas HVS | 10 rim | 28.000 | 280.000 | |
Laporan penerimaan barang
Berdasarkan bukti-bukti penerimaan barang, dicatat kedalam buku penerimaan barang diurut berdasarkan tanggal bukti penerimaan barang
PT TAKADA Jl. Ciputat Raya 102 BUKU PENRIMAAN BARANG | |||||||||
No Urut | Tgl Terima | No Bukti Penerimaan barang | Nama & Alamat Pengirim | Tanda Bukti Pengiriman | Uraian Barang (nama, merk) | Banyak nya | Harga | ||
Tgl | No | Satuan | Jumlah | ||||||
1 2 | 2/9/05 10/9/05 | M 01 /TKD/05 M 02 /TKD/05 | UD Abadi Depok UD Laris Ciputat | 31/8/05 8/9/05 | 01/AB/05 08/LR/05 | Kertas HVS Streples 3M Kertas HVS | 20 rim 5 bh 10 rim | 30.000 10.000 28.000 | 600.000 50.000 280.000 |
|
Bagian-bagian yang terkait dengan transaksi penerimaan barang supplies
1. Bagian inventarisasi
Bagian ini yang melakukan pendataan barang-barang yang masih ada atau sudah habis dalam persediaan, untuk kemudian dibuatkan daftar kebutuhan barang untuk satu periode.
2. Bagian pengadaan barang, bagian ini yang melakukan pembelian barang supplies
3. Bagian gudang/logistik, bagian ini yang melakukan penyimpanan/pengelolaan barang supplies, sebagian pintu gerbang keluar/masuknya barang supplies untuk keperluan unit-unit dalam perusahaan.
Bukti pengeluaran barang supplies
Pengeluaran barang supplies disebabkan karena adanya pemakaian pengeluaran/pengurangan barang supplies dari gudang. Dasar pencatatan adalah bukti pengiriman barang yang telah ditandatangani oleh bagian pengiriman barang.
PT TAKADA Jl. Ciputat Raya 102 Bukti No.K 001 Bukti Pengeluaran Barang Kepada : Bagian administrasi umum | ||||
No | Nama Barang | Satuan | Banyak | Keterangan |
1 2 | Kertas HVS Streples | rim buah | 25 2 | |
Pengirim Bag. Gudang |
PT TAKADA Jl. Ciputat Raya 102 Jakarta Selatan Bukti No.K 002 Bukti Pengeluaran Barang Kepada : Bagian administrasi umum | ||||
No | Nama Barang | Satuan | Banyak | Keterangan |
1 2 | Kertas HVS Streples | rim buah | 7 1 | |
Pengirim Bag. Gudang |
Prosedur pengelolaan kartu persediaan supplies
Kartu persediaan supplies, seperti halnya piutang atau buku hutang merupakan buku tambahan dalam hal ini untuk perkiraan perlengkapan. Buku tambahan kartu persediaan supplies digunakan untuk mencatat penambahan, pengurangan dan saldo akhir dari setiap jenis barang supplies/perlengkapan.
Setiap transaksi penambahan dan pembelian barang supplies harus di catat, baik di kartu persediaan supplies maupun di perkkiraan buku besar supplies/perlengkapan
Kartu persediaan supplies
Mutasi yang terjadi mengakibatkan perubahan persediaan barang supplies. Penambahan dalam kartu persediaan supplies disebabkan karena adanya Pembelian, atau penerimaan dari pihak lain, dasar pencatatannya adalah tanda penerimaan dari pihak lain, dasar pencatatannya adalah tanda terima barang yang dikuatkan oleh bagian gudang. Pengurangan dalam kartu persediaan supplies disebabkan karena adanya pemakaian barang supplies, atau karena adanya kerusakan barang supplies.
PT TAKADA Jl. Ciputat Raya 102 Jakarta Selatan KARTU PERSEDIAAN SUPPLIES Nama Barang: Kertas HVS Kode barang: 001 K | |||||
Tanggal | No.Bukti | Penambahan (unit) | Penguranngan (unit) | Saldo (unit) | |
2005 Sept | 1 2 7 10 12 | Saldo M 01/TKD/05 K 001 M 02/TKD/05 K 002 | - 30 rim - 10 rim - | - - 25 rim - 7 rim | 3 rim 33 rim 8 rim 18 rim 11 rim |
PT TAKADA Jl. Ciputat Raya 102 Jakarta Selatan KARTU PERSEDIAAN SUPPLIES Nama Barang: Streples 3 M Kode barang: 001 STP | |||||
Tanggal | No.Bukti | Penambahan (unit) | Penguranngan (unit) | Saldo (unit) | |
2005 Sept | 1 2 7 12 | Saldo M 01/TKD/05 K 001 K 002 | - 5 bh - - | - - 3 bh 2 bh | 1 bh 6 bh 3 bh 1 bh |
Pengurangan dalam kartu persediaan supplies biasanya terjadi karena ada pemakaian barang supplies, pengurangan lain dapat terjadi karena ada kerusakan barang supplies dalam penyimpanan.
Dasar untuk mencatat pengurangan dalam kartu persediaan adalah pengeluaran barang dari gudang, dan bukti pengiriman barang telah ditandatangani oleh bagian pengiriman barang.
Harga pokok barang supplies yang dipakai/dikeluarkan dalam satu periode tergantung pada penetapan harga pokok yang digunakan.
Pada Akhir periode berdasarkan kartu-kartu persediaan supplies disusun laporan ikhtisar persediaan barang supplies oleh bagian gudang
Laporan Ikhtisar Persediaan barang supplies
PT TAKADA Jl. Ciputat Raya 102 Jakarta Selatan Laporan Persediaan Barang Supplies | ||||
No | No Kode | Nama Barang | Spesifikasi | Jumlah Kuantitas |
1 2 | 001 STP 001 K | Streples Kertas HVS | 3 M Kuarto | 1 buah 11 rim |
Jakarta, 30 September 2005 Kepala Bagian Gudang |
Peralatan pengelolaan persediaan barang supplies
Tempat penyimpanan : Almari
Dokumen-dokumen : - Faktur sebagai bukti transaksi pembelian
- Bukti penerimaan barang
- Buku untuk penerimaan barang
- Bukti pengeluaran barang
- Kartu persediaan supplies
- Laporan Ikhtisar persediaan barang supplies
BAB III.
EVALUASI
Test Pilihan Ganda
01. Office supplies termasuk salah satu elemen dari :
a. Current liabilities
b. Current assets
c. Fixed assets
d. Owner’s equity
e. Intangible fixed assets
02.
a. Metode periodik dan perpetua
b. Metode harta dan beban
c. Metode pendapatan dan hutang
d. Metode langsung dan cadangan
e. Metode harga perolehan dan haraga pasar
03. Untuk menentukan bahan baku yang terpakai rumusnya adalah:
a. Persediaan akhir supplies + persediaan awal supplies
b. Persediaan awal supplies + pembelian supplies
c. Persediaan awal supplies + pemvelian supplies – persediaan akhir supplies
d. Pembelian supplies + beban angkut pembelian – retur pembelian supplies
e. Persediaan awal supplies + beban angkut pembelian supplies – persediaan akhir supplies
04. Dibeli store supplies dari toko makmur
a. Store supplies (D) Rp 1.500.000,-
Cash (K) Rp 1.500.000,-
b. Store supplies expense (D) Rp 1.500.000,-
Cash (K) Rp 1.500.000,-
c. Store supplies (D) Rp 1.500.000,-
Trade creditor Rp 1.500.000,-
d. Store supplies expense (D) Rp 1.500.000,-
Trade creditor (K) Rp 1.500.000,-
e. Store supplies expense (D) RP 1.500.000,-
Supplies expense (K) Rp 1.500.000,-
05. Data suatu perusahaan mengenai supplies selama bulan Desember sebagai berikut:
Beginning inventory……………………………….. Rp 500.000,-
Net purchase………………………………………… Rp 1.750.000,-
Ending inventory…………………………………… Rp 450.000,-
Adjusment yang dibuat pada 31 Desember jika menggunakan income Statement approach :
a.Supplies expense Rp 1.800.000,-
Supplies Rp 450.000,-
b. Supplies Rp 1.800.000,-
Supplies expense Rp 450.000,-
c. Supplies Rp 500.000,-
Cash Rp 500.000,-
d. Supplies expense Rp 1.750.000,-
Cash Rp 1.750.000,-
e. Supplies Rp 1.800.000,-
Supplies expense Rp 1.800.000,-
06. Jika menggunakan balance sheet approach adjusting entries yang dibuat pada 31 Desember (lihat soal no. 5) :
a. Supplies expense Rp 1.800.000,-
Supplies Rp 1.800.000,-
b. Supplies Rp 450.000,-
Supplies expense Rp 450.000,-
c. Supplies Rp 1.750.000,-
Cash Rp 1.750.000,-
e. Supplies Rp 1.800.000,-
Supplies expense Rp 1.800.000,-
07. Dibeli perlengkapan kantor secara kredit sebesar Rp 750.000,- dari UD Sejahtera Jakarta, jurnalnya :
a. Office supplies Rp 750.000,-
Cash Rp 750.000,-
b. Office supplies Rp 750.000,-
Acconut payable Rp 750.000,-
c. Office eqiupment Rp 750.000,-
Cash Rp 750.000,-
d. Office equipment Rp 750.000,-
Account payable Rp 750.000,-
e. Office supplies expense Rp 750.000,-
Office supplies Rp 750.000,-
08. Data suatu perusahaan sebagai berikut:
Persediaan awal supplies …………………………… Rp 500.000,-
Retur pembelian supplies ………………………….. Rp 150.000,-
Potongan pembelian supplies ……………………. Rp 100.000,-
Pembelian supplies ………………………………….. Rp 1.250.000,-
Retur penjualan………………………………………. Rp 300.000,-
Potogan penjualan………………………………….. Rp 150.000,-
Beban angkut pembelian supplies ……………. Rp 100.000,-
Berdasarkan data diatas, Net Purchase adalah :
a. Rp 1.000.000,-
b. Rp 1.050.000,-
c.Rp 1.100.000,-
d. Rp 1.250.000,-
e. Rp 1.300.000,-
09. Supplies expense disajikan pada financial statement yaitu :
a. Cash flow statement
b. Balance sheet
c. Profit and loss statement
d. Statement of owner’s equity
e. Capital statement
10. Jika income statement disusun secara multiple step maka office supplies expense disajikan pada kelompok :
a. Cost of good sold
b. Net purchase
c. Non operating expense
d. Expense selling
e. General and administrative expense
Tes Essay
Berikut transaksi yang berkaitan dengan supplies pada UD” Sentosa” periode bulan Mei 2005:
1/5 Pembelian tunai supplies dari “
- Kertas HVS 10 riem @ Rp 25000 = Rp 250.000
- Kertas computer 5 riem @ Rp 50.000 = Rp 50.000
- Tinta printer 5 tube @ Rp 100 000 = Rp 500.000
- Stoples 10 biji @ Rp 12000 = Rp 120.000
3/5 Permintaan barang-barang supplies :
- Kertas HVS 2 rim
- Kertas computer 3 rim
- Tinta printer 2 tube
- Staples 4 biji
15/5 Permintaan barang-barang supplies:
- Kertas HVS 3 rim
- Kertas computer 1 rim
- Tinta printer 1 tube
17/5 Pembelian tunai barang supplies:
- Kertas HVS 5 rim @ Rp 25.000,- = Rp 125.000,-
- Kertas computer 10 rim @ Rp 50.000,- = Rp 500.000,-
- Tinta printer 5 tube @ Rp 100.000,- = Rp 500.000,-
- Karbon 5 dos @ Rp 30.000,- = Rp 150.000,-
31/5 Dilakukan perhitungan fisik terhadap persediaan supplies, dari perhitungan tersebut ternyata persediaan yang belum terpakai sebesar :
- Kertas HVS 10 rim
- Kertas komputer 11 rim
- Tinta printer 7 tube
- Staples 6 biji
- Karbon 5 dos
Berdasarkan transaksi tersebut catatlah ke dalam:
a. Jurnal
b. Bukti penerimaan barang supplies
c. Buku penerimaan barang supplies
d. Bukti Pengeluran barang supplies
e. Kartu persediaan supplies
BAB V.
P E N U T U P
Setelah peserta diklat mempelajari modul ini , mulai dari awal materi sampai evaluasi, sehingga semua kompetensi dipahami maka peserta diklat berhak mengajukan uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikasi dalam mengelola kartu persediaan supplies dan selanjutnya baru dapat melanjutkan ke kompetensi berikutnya
DAFTAR PUSTAKA
Mulyadi. Sistem Akuntansi Edisi 3.
Soemerso S.R. Akuntansi Suatu Pengantar. Penerbit Salemba Empat
Al Haryono Yusuf. Dasar-dasarAkuntansi, Jilid 2. Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Illmu ekonomi YKPN
Drs Hendi Soemantri. Dasar-dasar Akuntansi. Armico
________________ . Akuntansi Keuangan 2. Armico
1 komentar:
Terima kasih anda sudah membuat sesuatu yang sangat bermanfaat bagi bangsa, khususnya peserta didik kami yang saat ini sedang mendapat materi pelajaran akuntansi pada SMK2 Sukabumi. Semoga Allah SWT,membalas segala kebaikan anda !
Posting Komentar